Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

MASYARAKAT JORONG KAYU ARO BERHASIL KEMBANGKAN KOPI ARABIKA

TVRI Sumatera BaratPertanian 30 Januari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Dengan penuh ketekunan dan ketelatenan masyarakat Jorong Kayu Aro Nagari Batang Kecamatan Gunung Talang Barus Kabupaten Solok saat ini dapat merasakan manfaat dari kopi. Sebab usaha merawat kopi bukan barang mudah, perlu ketelatenan dan pemenuhan unsur yang baik agar menghasilkan kopi dengan cita rasa yang berkualitas.

Dilahan seluas 1,26 hektar dengan jumlah 1350 pohon kopi, sekelompok Petani telah berhasil mengembangkan kopi jenis Arabica berkualitas tinggi dan berbasis konservasi.

Diketahui dari beberapa kali panen, sudah menghasilkan 30 kilogram hingga 40 kilogram kopi dalam bentuk Green Bean. Walinagari Batang Barus Syafri Anton mengatakan untuk kedepannya diharapkan bisa menghasilkan satu ton kopi setiap bulannya.

Saat ini di Jorong Kayu Aro Nagari Batang Barus ini tidak hanya mengembangkan tanaman kopi tapi juga sudah memiliki rumah produksi Kopi Kayu Aro, untuk itu hasil panen kopi harus ditingkatkan agar Kopi Kayu Aro bisa dikenal di pasaran hingga diluar Kabupaten Solok.

Diharapkan kegiatan pemberdayaan pada Kelompok Tani melalui kopi ini terus berkembang sehingga para Petani bisa  lebih sejahtera dan dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Wartawan : ARIE
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat