Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

KORBAN GEMPA MASIH BUTUH LAYANAN MEDIS KELILING

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 23 Maret 2022 JAM 08:44:00 WIB

Selama masa transisi darurat dan masih terjadinya gempa kecil, korban gempa di sekitar Timbo Abu, Tanjung Aro dan sekitarnya berharap posko kesehatan dan tim medis keliling tetap dipertahankan.  Pasalnya, mereka khwatir berjalna munuju puskesmas di malam hari atau saat hujan turun.

Kehadiran tim kesehatan keliling, di Tanjung Aro disambut baik warga, mereka memanfaatkan posko itu untuk pemeriksaan kesahatan dan  mendapatkan obat, seperti gatal-gatal, atau deman hingga sakit kepala. Bahkan beberapa lansia juga ikut mendatangi tenaga medis.

Warga mengaku, selama tidur di tenda mereka banyak terserang penyakit. Hujan dan angin yang terjadi, dan tidur beberapa hari di dalam tenda, membuat kondisi kesehatan mereka semakin menurun. Lokasi mereka berada di paling pinggir Kecamatan Talamau.

Salah seorang korban gempa Teja Nugraha mengatakan, posko kesehatan selama transisi darurat seharusnya ada disetiap kejorongan,  agar warga bisa cepat mendapatkan pengobatan, baik siang atau malam. Mereka mengapresiasi sejumlah relawan medis yang sampai ke daerah itu.  Beberapa hari terkahir, kondisi kesehatan warga terganggu akibat rusaknya saluran air bersih menuju daerah mereka.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat