Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

57 VERIETAS IKUTI FESTIVAL DURIAN DI SOLOK SELATAN

Kontributor DaerahEkonomi 09 Juni 2021 JAM 06:30:56 WIB

57 varietas raja buah ambil bagian pada festival durian di Solok Selatan, dari puluhan jenis tersebut merupakan durian lokal Solok Selatan yang terdapat di tujuh kecamatan yang ada di daerah tersebut.   Bahkan dari hasil penilaian dewan juri, ada beberapa jenis durian diantaranya telah berumur diatas 100 tahun, yang hingga kini masih menghasilkan buah dengan kualitas terbaik.

Ketua panitia festival durian Solok Selatan, Jhon Martos Adha mengatakan, digelarnya festial durian di Solok Selatan ini berawal melihat hasil durian didaerah ini sangat melimpah jika saat musim tiba, namun, untuk pemasarannya masih dilakukan secara tradisional sehingga tidak bisa mendongkrak harga lebih tinggi. Dengan festival durian ini, bisa mengangkat harga durian ditingkat petani, karena, durian tersebut telah bisa dikenali dengan jenis, rasa dan kelebihan lainnya, selain itu, durian juga dapat diolah menjadi panganan siap saji lainnya. Dari puluhan varietas durian yang ada di Solok Selatan, ada beberapa jenis yang ternama di daerah ini, dianataranya, durian sahalai sirawa, durian putiah, durian hijau, durian timbago, durian antam dan durian ino.

Dengan festival durian ini, nantinya akan didapatkan bibit durian unggul Solok Selatan yang akan menjadi ikon durian di daerah ini, sehingga kedepan Solok Selatan memiliki durian terbaik yang ada cuma didaerah ini. Diharapakan, kedepan kegiatan festival durian ini menjadi even tahunan, sehingga bisa mengundang para pecinta durian diluar daerah untuk datang ke Solok Selatan menikmati durian terbaik didaerah tersebut.

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat