Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Perubahan Cuaca, Warga Diminta Waspada Bencana

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 10 Maret 2020 JAM 06:46:08 WIB

Mengantisipasi terjadinya berbagai bencana akibat perubahan cuaca, badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) KAB. 50 kota meminta masyarakat untuk hati-hati dan tetap waspada, terutama bagi petani yang membuka lahan baru untuk tidak melakukan pembakaran. Perubahan Cuaca dari Musim Hujan ke Musim Panas Masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan, terutama terhadap bencana kebakaran.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Kab. 50 Kota, Joni Amir, menurut ya, bencana kebakaran menjadi salah satu bencana yang harus diantisipasi, sebab hal tersebut kerap terjadi saat warga membuka lahan pertanian baru. Kecamatan yang cukup rawan terjadinya bencana itu, Kecamatan Harau dan Kecamatan Pangkalan.

Selain meminta kewaspadaan masyarakat, BPBD juga meminta kelompok siaga bencana dan pihak-pihak terkait untuk menghimbau dan mengingatkan agar petani tidak melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan baru. Selain memprediksi terjadinya bencana kebakaran saat perubahan cuaca, BPBD juga menghimbau warga untuk mewaspadai bencana lainnya yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Beberapa waktu sebelumnya, akibat banjir yang terjadi di sebagian besar Kecamatan di Kab. 50 Kota, tidak saja merusak lahan petanian, fasilitas umum, namun juga merusak pemukiman  Warga. Untuk itu, kedepan, menghadapi perubahan cuaca dari musim hujan ke musim panas, kewaspadaan tetap harus dilakukan oleh semua komponen masyarakat.

 

 

Wartawan : EDWARD
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat