Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Jalur Sumbar-Riau Tertimbun Longsor

Kontributor DaerahBencana Alam 06 Desember 2019 JAM 06:33:05 WIB

Longsor yang terjadi di jalur Sumbar-Riau 153 km di Jorong Aia Putiah Kenagarian Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengakibatkan akses jalan Sumbar-Riau terganggu. Pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup jalan agar tidak terjadi antrian panjang kendaraan dari dan arah Riau.

Hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari terakhir tidak  hanya mengakibatkan banjir disejumlah wilayah di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, namun juga mengakibatkan terjadinya longsor di Jalan Raya Sumbar-Riau di kawasan Kelok Sembilan Kecamatan Harau. Akibatnya arus lalulintas terpaksa diberlakukan sistem buka tutup karena sebagian badan jalan ditutup material longsor berupa tanah.

Tanah longsor sepanjang lebih kurang 12 meter, setinggi lebih kurang 5 meter itu sempat menimbun badan jalan, sehingga akses lalulintas terganggu. Pada tahun-tahun sebelumnya, longsor juga kerap terjadi disepanjang jalur Sumbar-Riau. Longsor yang terjadi diakibatkan hujan deras yang turun sejak beberapa hari terakhir.

Akibat dari tanah longsor tersebut menimbun sebagian badan jalan yang mengakibatkan jalur dilakukan buka tutup. Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun material dalam bencana longsor. Hingga kini, selain longsor di sejumlah kawasan di Kabupaten Limapuluh Kota, banjir juga merendam lahan pertanian.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat