Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Hilirisasi Hasil Pertanian

Kontributor DaerahPertanian 30 September 2019 JAM 06:27:45 WIB

Guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Payakumbuh, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian mendorong masyarakat petani melakukan Hilirisasi atau pengolahan hasil pertanian.Melalui Hilirasi ini diharapkan pendapatan petani dan nilai jual produk pertanian bisa lebih meningkat.

Dinas pertanian kota Payakumbuh terus mendorong agar para petani didaerah itu agar mengolah komoditas yang dihasilkan, sehingga hasil pertanian tidak hanya sampai panen saja, namun bisa lebih bernilai jual lebih, sehingga tidak saja menguntungkan petani namun juga mendatangkan pendapatan bagi daerah.Dengan hilirasi atau mengolah hasil pertanian yang dihasilkan, juga akan menambah daya saing produk lokal dengan daerah lain, termasuk terus meningkatkan kemasan dari produk tersebut.

Untuk mewujudkan hal tersebut, para petani juga diminta melek terhadap tekhnologi pengolahan makanan. Pengembangan Hilirisasi pertanian tidak saja ditujukan untuk meningkatkan jumlah pasokan bahan pangan dan jenis produk pangan di pasar, namun juga untuk meningkatkan ekonomi didaerah tersebut.

Kedepan petani harus mampu masuk ke industri, sehingga tidak lagi menjual produk mentah tapi harus mampu mengolah untuk memperoleh nilai tambah.Sementara untuk terus mendukung upaya peningkatan hasil pertanian, pemerintah juga kerap menggelar ivent-ivent yang bisa dijadikan para petani untuk memperkenalkan hasil pertanian olahan mereka.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat