Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sumbar Berpotensi Alami Kebakaran

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 12 September 2019 JAM 06:56:19 WIB

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat memastikan potensi kebakaran hutan dan lahan di Sumbar masih sangat tinggi hingga bebeberapa minggu kedepan. Ini dikarenakan cuaca di sejumlah Kabupaten Kota masih diprediksi kering, sehingga mudah memicu terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Potensi kebakaran lahan dan hutan di wilayah Provinsi Sumatera Barat tergolong cukup besar yang terjadi dalam minggu ini dikarenakan kondisi cuaca yang kering saat ini.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat menjelaskan berbagai upaya sudah dilakukan oleh dinas kehutanan untuk mengantisipasi terjadinya kebarakan hutan dan lahan, diantaranya menurunkan Polisi Kehutanan untuk melakukan patroli jika ada oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja melakukan pembakaran lahan. Dinas Kehutanan juga mengoptimalkan fungsi masyarakat peduli api atau kebakaran hutan untuk melakukan pengawasan di Kabupaten Kota.

Kabupaten Kota yang sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan diantaranya Kab Sijunjung, Kab Limapuluh Kota, Kab Persisir Selatan, Kab Solok Selatan dan Kab Dharmasraya. Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar juga mengingatkan masyarakat jika membuka lahan tidak dengan cara dibakar. Selain itu masyarakat juga diingatkan untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok. hal ini juga dapat memicu kebakaran lahan.

 

Wartawan : DELIMA/ JONI SARTIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat