Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Lima ASN terindikasi positif narkoba

Kontributor DaerahHukum 18 Mei 2016 JAM 06:00:00 WIB

Lima dari 70 sampel tes urine yang diambil BNNP Sumbar terhadap Aparat Sipil Pemerintah Kota Bukittinggi terindikasi positif narkoba. Meski demikian BNNP belum bisa memastikan bahwa pemilik urine menggunakan narkoba.

Mengantisipasi penyalahgunaan narkoba dikalangan Pegawai Negeri Sipil, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat melakukan tes urine kepada pejabat di lingkungan Pemko Bukittinggi. Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumbar Raymond mengatakan tes urine ini dilakukan mendadak setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Sebanyak 70 orang pegawai dan pejabat diminta langsung untuk tes urine, dan hasilnya dapat disaksikan. Dari 70 sampel tes urine 5 diantaranya positif narkoba. Bahkan satu diantaranya dilakukan tes lanjutan untuk memastikan apakah pemilik urine ini pecandu atau tidak. Pemilik urine masing-masing diberikan nomor. 

Mereka yang terindikasi dipisahkan untuk dilakukan Asesmen termasuk pemanggilan pada yang bersangkutan. Pemilik urine ini belum bisa di justifikasi pengguna narkoba. Karena beberapa unsur dipakai untuk obat-obatan. Tes urine ini bertujuan untuk membersihkan Aparatur Negara dari penyalahgunaan narkoba.

Tes urine ini merupakan deteksi dini untuk pengguna narkoba. Bagi yang dicurigai menggunakan dan penyalahgunaan narkoba. BNNP juga akan melakukan pemeriksaan rambut dan darah yang bersangkutan.

Wartawan : Gusri El Faishal
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat