Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Museum Buya Hamka Segera Dibedah

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 07 Juli 2019 JAM 06:08:33 WIB

Tim ahli UPTD Museum Adityawarman membantu melakukan pembenahan dan penataan tata ruang museum rumah kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang. Kegiatan tersebut berkat koordinasi dinas pendidikan Dasmn kebudayaan agam yang mendapat kuncuran dana alokasi khusus dari pemerintah pusat, sehingga wajah museum tokoh nasional tersebut semakin menarik dan lebih baik nantinya.

Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Agam menjalin kerjasama dengan UPTD Museum Adityawarman dalam penataan dan pelestarian museum rumah kelahiran Buya Hamka Di Nagari Sungai Batang. Melalui tim ahli yang dimiliki, museum ulama besar dan tokoh nasional tersebut akan di rehap sehingga memiliki wajah yang lebih bernilai dan bermakna.

Saat ini, kondisi bentuk dan penataan museum tersebut tidak sesuai dengan konsep sebuah museum sebagai mana mestinya. Pemajangan foto yang tidak tersusun rapi serta tidak memiliki nilai sejarah terkait Buya Hamka. Di sisi lain, saat ini koleksi buku dan benda yang ada di museum tidak lengkap. Sehingga membutuhkan tambahan koleksi unik dan menarik, terkait kehidupan tokoh ulama multitalenta tersebut.

Hal tersebut akan membuat daya tarik kunjungan semakin lebih baik nantinya. Noviyanty Awaluddin, selaku ketua tim ahli pembedahan museum menambahkan, hasil kerjasama tersebut berkat adanya koordinasi DISDIKBUD Agam dan bantuan dana alokasi khusus dari pemerintah pusat. Pemerintah sangat fokus terhadap pembenahan museum rumah kelahiran Buya Hamka. Pasalnya sangat diminati wisatawan asal Malaysia dan Brunai Darussalam.

 

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

MASYARAKAT SERBU BERAS MURAH

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

INTENSITAS ERUPSI MENINGKAT

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

POLISI MENANGKAP KAWANAN PENCURI MESIN BAJAK

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB