Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

PEMKAB DORONG SWASEMBADA PANGAN

TVRI Sumatera BaratEkonomi 02 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

PJ Bupati Kepulauan Mentawai–Fernando Jongguran Simanjuntak mengajak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk membangun jejaring di tingkat Provinsi hingga di Kementrian terkait Dana Alokasi Khusus dan APBN, maupun bekerjasama dengan NGO dan CSR. Melalui upaya jemput bola diharapkan dapat mensupport keterbatasan APBD daerah untuk membangun kedaulatan pangan. Sehingga pembangunan sektor pertanian dan perkebunan di Mentawai lebih massive, sungguh-sungguh, dan tepat sasaran.

Jongguran menambahkan bahwa kemandirian pangan adalah hal mutlak di Kepulauan Mentawai dengan kondisi geografis dan potensi lahan dan jumlah penduduk yang memadai. Hingga saat ini ketergantungan akan komoditas pangan di Kepulauan Mentawai masih besar, meskipun memiliki lahan yang luas. Menurutnya, dengan luas lahan pertanian existing  2000 hektar, jika dikelola dengan teknologi yang tepat seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan 8000 ton beras di Kepulauan Mentawai. Namun kenyataannya, ketersediaan beras di Mentawai masih minus hingga  7000 ton.

Selanjutnya guna mengantisipasi penyimpangan, perlu adanya pengendalian dengan kontrol terintegrasi dan  evaluasi yang melibatkan Dinas terkait, Tenaga Penyuluh, Kecamatan, Desa, Dusun, TNI, Polri, dan seluruh lapisan masyarakat. Targetnya program yang dijalankan tidak menyimpang, paham akan masalah dan arah pembangunannya.

Wartawan : KORNELIA SEPTIN RAHAYU
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat