Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD Terhadap APBD Sumbar

Kontributor DaerahEkonomi 27 Februari 2017 JAM 06:51:45 WIB

Sinkronisasi penyusunan dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah, pimpinan dan anggota Dprd Propinsi Sumatera Barat  menggelar Bimbingan Teknis Perencanaan Dan Penganggaran Bekerjasama Dengan Perguruan Tinggi Dan Kementrian Dalam Negeri. Dewan Perwakilan Daerah DPRD Propinsi Sumatera Barat menggelar Bimbingan Teknis  BIMTEK Angkatan I Tahun 2017  di Istana Bung Hatta Bukittinggi. Bimtek mengambil tema sinkronisasi pokok pokok pikiran  DPRD dalam dokumen Perencanaan Dan Penganggaran , Serta Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD Terhadap APBD Tahun 2017 Dan Kajian Tentang Prospek Perekonomian Sumatera Barat.

Ketua Dprd Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim saat membuka kegiatan   tersebut mengatakan beberapa hal strategis yang perlu menjadi perhatian, antara lain penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih merupakan suatu keharusan yang tidak bisa diabaikan. Proses perencanaan pembangunan daerah,  sudah mulai menjadi perhatian dari lembaga pengawasan. Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) telah masuk pada pemeriksaan kinerja.

DPRD sebagai mitra sejajar Pemerintah Daerah memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui tiga fungsi yang dimiliki yaitu fungsi Pembentukan Perda,  Fungsi Anggaran Dan Fungsi Pengawasan. Bimtek  ini diselenggarakan melalui kerjasama antara Universitas Eka Sakti dengan kementerian dalam negeri. Narasumber  yang menjadi pemateri  dintaranya guru besar fakultas ekonomi unand, serta kementrian dalam negeri yang akan membahas prospek dan postur apbd provinsi sumbar.

Wartawan : GUSRI EL FAISHAL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat