Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

DBD Penyakit Sepanjang Tahun

Kontributor DaerahKesehatan 27 Februari 2017 JAM 06:37:22 WIB

Penyakit Demam Berdarah (DBD) tidak saja mengancam masyarakat di musim hujan tapi juga musim kemarau. Pasalnya  perubahan cuaca  tidak membuat perkembangan Nyamuk Aides Aigepti  terpengaruh, akibat nyamuk yang sudah bermutasi.

DBD saat ini  sudah menjadi endemis sepanjang tahun, atau  tidak lagi tergantung  musim hujan atau musim kemarau. Cuaca yang tidak menentu disebut  juga menjadi  penyebab DBD masih terus terjadi. Cuaca saat ini sering   menimbulkan genangan air di berbagai tempat, seperti  jalan, got atau selokan. Banyaknya genangan  berimbas pada semakin banyaknya tempat nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday  mengatakan program dan tindakan pencegahan demam berdarah sudah  sering kali disosialisasikan. Tindak lanjut yang diharapkan adalah kedisiplinan  masyarakat guna membuat program tersebut menjadi  efektif. PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) harus dilakukan, tidak berharap pada fogging masal yang dinilai kurang efektif.

Terkait data kasus DBD saat ini, kadis kesehatan menegaskan  masih ditangani Kabupaten Kota. Mengingat Nyamuk Aiges Aigepty hanya mampu terbang sekitar 200 meter, masyarakat harus memastikan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya jauh dari genangan air  yang menjadi sarang nyamuk. Meski tren  DBD cenderung  normal saat ini,  langkah pencegahan dengan berprilaku  hidup sehat  mencegah penyakit lebih baik di terapkan.

Sebab mengobati penyakit   akan lebih sulit dan beresiko  tinggi pada kematian, apalagi hampir seluruh wilayah  Sumatera Barat  endemis demam berdarah.

Wartawan : MAQRI NELVI L/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat