Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

AKSESORIS UNIK BERBAHAN DASAR KOPI

TVRI Sumatera BaratEkonomi 11 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

Seperti yang dibuat oleh sekelompok anak muda di teras kopi Pak Datuak di Jorong Padang Aro, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir Solok Selatan ini, dari tangan mereka lahir gelang, kalung dan jenis aksesoris unik lainnya.

Awalnya hanya digunakan untuk pemakaian pribadi, seiring waktu pesanan semakin meningkat, dan dari situlah muncul ide kreatif dengan melahirkan produk dengan motif dan model yang lebih menarik, sehingga diminati oleh konsumen.

Selain biji kopi, aksesoris unik ini juga dipadukan dengan jenis bijian tumbuhan lainnya seperti, jenitri yang dipercayai berkhasiat untuk terapi kesehatan serta pernak pernik lainnya, selain itu, aroma kopi juga memberikan relaxasi bagi penggunanya. Untuk biji kopi yang digunakan, merupakan biji kopi pilihan jenis arabika.

Sebelumnya telah dilakukan penyortiran dengan ukuran yang sama, kemudian dilakukan rosting atau penyangraian dengan aroma khas, selanjutnya baru dilakukan pengolahan untuk dijadikan berbagai jenis aksesoris nan unik.

Saat ini, aksesoris unik berbahan dasar kopi ini telah memenuhi kebutuhan lokal Solok Selatan, bahkan pemesanan hingga ke luar daerah, seperti Bogor, Semarang dan daerah lainnya di Pulau Sumatera. Adapun harga yang ditawarkan, mulai dari dua puluh ribu rupiah hingga dua puluh lima ribu rupiah per unit.

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat