Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Masyarakat waspada banjir dan tanah longsor

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 12 Januari 2016 JAM 07:05:39 WIB

BPBD Sumatera Barat menghimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor, khususnya pada bulan Januari hingga pertengahan Februari 2016. Berdasarkan data dari BMKG, curah hujan di wilayah Sumatera Barat saat ini relatif tinggi bahkan diatas normal.

Memasuki peralihan musim, bencana banjir dan tanah longsor mengancam wilayah Sumatera Barat. Sejumlah daerah di Sumatera Barat yang kerap dilanda musibah banjir dan tanah longsor, diajak untuk lebih waspada dari biasanya. Mengingat informasi dari BMKG yang diterima BPBD Sumbar, curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi di bulan Januari hingga pertengahan Februari ini. 

Beberapa daerah yang rawan bencana meliputi wilayah Sawahlunto, Tanah Datar, Agam, Solok Selatan, Solok, Kabupaten 50 Kota, Padang Pariaman, dan Kota Padang bagian Selatan.

Berdasarkan tim BPBD Sumbar yang dilakukan pada tanggal 2 hingga 4 Januari kemarin, sejumlah daerah memiliki kantong air di kawasan bukit. Dan jika dipicu hujan dengan intensitas rendah akan menyebabkan terjadinya banjir bandang. Selain itu, pergerakan tanah yang terjadi disejumlah daerah juga dapat memicu terjadinya bencana.

Diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal kondisi wilayah tempat tinggal mereka untuk meminimalisir terjadinya kerugian akibnat bencana. 

 

Wartawan : Sherly Zulkarnaen, Joni Sartika
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat