Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

SEJUMLAH SD DAN SMP DI PAYAKUMBUH MASIH KEKURANGAN MURID

TVRI Sumatera BaratPendidikan 19 Juli 2022 JAM 06:00:00 WIB

Pasca PPDB Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh mencatat masih ada 10 sekolah dasar (SD) dan dua sekolah menengah pertama (SMP) di daerah itu masih kekurangan Peserta Didik .

kurangnya jumlah peserta untuk beberapa sekolah disebabkan karena jumlah anak usia sekolah kurang dari kapasitas rombongan belajar (rombel) yang tersedia.dulu sebelum ada zonasi banyak juga sekolah di Payakumuh yang diisi oleh siswa dari daerah tetangga,namun sekarang karena sudah dibatasi oleh zonasi,menyebabkan jumlahnya sekarang minim. Jumlah SD Negeri yang ada di Payakumbuh  berjumlah 66 sekolah dan untuk swasta sebanyak 15 sekolah.dari 66 sdn itu,ada 10 sekolah yang kekurangan murid dengan jumlah kelas 1 kurang dari 10 siswa,dan beberapa memang cukup parah kekurangan muridnya. Sementara untuk SMP Negeri,terdapat dua sekolah yang kapasitas siswanya tidak terpenuhi,jumlah SMP Negeri di Payakumbuh terdapat 10 sekolah dan 10 smp swasta.namun kekurangan peserta didik atau pelajar ditingkat SLTP tidak signifikan,namun lebih kepada jumlah rombel yang disediakan tidak terpenuhi.
Selain tidak terpenuhinya kuota untuk SMP Negeri juga sangat dipengaruhi oleh persepsi terhadap sekolah dan kinerja sekolah.karena masih ada anggapan oleh masyarakat terhadap sekolah favorit.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat