Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang Panjang

MASJID ASASI TERTUA DI SUMATERA

Kontributor DaerahSeni Budaya 26 April 2021 JAM 06:41:32 WIB

Masjid Asasi merupakan Masjid tertua yang terletak di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat dan  nomor dua tertua di Indonesia. Arsitektur Mesjid cukup unik, menggabungkan tiga budaya, Hindu,Cina dan Minangkabau. Padang Panjang merupakan wilayah yang mempunyai sejarah panjang, terutama dalam hal pengembangan pendidikan dan dakwah Islam.

Banyak pesantren dan Masjid tua yang berdiri di Padang Panjang, salah satu Mesjid Asasi di kelurahan Sigando Nagari Gunuang, Kecamatan Padang Panjang Timur. sekilas bagian atapnya mengingatkan pada atap Masjid Agung Demak yang berbentuk limas tiga tingkat. sementara bangunan utama yang berjendala dan penuh ukiran mirip dengan rumah adat Minangkabau, Rumah Gadang.

Masjid Asasi merupakan salah satu Masjid tertua kedua di Indonesia, setelah Masjid Saka tunggal di Banyumas, jawa tengah. Masjid Asasi berdiri pada tahun 1685 Masehi. Arsitektur Mesjid ini penggabungan tiga budaya, hindu, Cina Dan Minangkabau. atap Masjid berbentuk tumpang atau limas dengan jumlah undakan 3 buah. di sisi Masjid terdapat satu bangunan kecil menyerupai teras, yang berfungsi sebagai tempat tabuh atau beduk.

Sejak awal berdiri, Masjid ini merupakan pusat aktivitas Islam dari empat nagari. Masjid Asasi dibangun atas gagasan dari empat nagari yaitu Gunung, Paninjauan, Tambangan dan Jawo di atas lahan sawah yang dihibahkan oleh masyarakat

Wartawan : ERICKA MARTA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat