Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

PENDONOR SEPI, STOK DARAH MENIPIS

TVRI Sumatera BaratKesehatan 17 April 2021 JAM 06:16:06 WIB

Sejak pandemi Covid-19 mewabah, ketersediaan kantong darah di UTD PMI Kota Padang dari hari ke hari semakin menipis.  Hal ini disebabkan karena kurangnya kegiatan donor darah dan masih banyak masyarakat yang takut mendonor di tengah pandemi saat ini. Kepala UTD PMI Kota Padang Dr. Widyarwan mengaku selama wabah Covid-19, UTD PMI Padang merasakan dampak signifikan dengan menipisnya kantong darah di bank darah dari hari kehari.

Biasanya sebelum wabah Covid-19 darah yang terkumpul satu harinya bisa mencapai 800 kantong. Sejak pandemi, pendonor yang datang ke UTD PMI Padang setiap harinya tidak sampai 100 orang. Sementara kebutuhan darah dalam sehari mencapai 150 kantong atau lebih.

Ini disebabkan karena semakin berkurangnya kegiatan donor darah yang biasanya dilakukan pemerintah dan swasta. Ditambah saat ini tengah memasuki bulan suci Ramadhan, kegiatan donor darah di siang hari semakin berkurang. Saat ini PMI Kota Padang mengupayakan jemput bola dengan membuka kegiatan donor darah setiap malam setelah berbuka puasa di SJS Kota Padang.

Kepala UTD PMI Kota Padang menjamin keamanan dan kenyamanan pendonor untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan saat pelaksanaan donor darah selama pandemi Covid-19 dan Ramadhan 1442 H.

Wartawan : DELIMA, ATVRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat