Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

DANDIM 0308 PANEN PERDANA BAWANG MERAH

Kontributor DaerahPertanian 07 Maret 2021 JAM 06:20:48 WIB

Dandim 0308 Pariaman bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman melakukan panen perdana bawang merah hasil penanaman prajurit TNI. Panen bawang ini merupakan panen tercepat, karena menggunakan pupuk organik jenis ef mic 32. Dandim 0308 Pariaman Letkol. Czi Titan jatmiko bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman, Yurisman Ini,  melaksanakan panen bawang merah perdana yang merupakan hasil karya prajurit Kodim 0308 Pariaman di lahan satu hektar milik TNI di Korong Olo Bangau, Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai.

Terlihat bawang merah yang dipanen cukup lebat dan kualitasnya sangat bagus. Menariknya, panen bawang ini merupakan panen tercepat, karena 55 hari ditanam sudah bisa dipanen dengan kualitas yang cukup bagus. Dandim 0308 Pariaman Letol Czi Titan Jatmiko mengatakan bahwa bawang merah yang ditanam oleh prajurit TNI ini menggunakan pupuk organik jenis ef mic 32.

Pupuk ef mic 32 merupakan pupuk organik yang diolah sendiri oleh prajurit tni dengan bahan limba sayuran dan buah-buhan. Dengan kelebihannya membuat tanah menjadi subur, bisa memperbaiki fisik kimia dan biologi tanah yaitu mengurai bahan organik yang ada didalam tanah, sehingga tanaman tumbuh dengan sehat dan waktu lebih cepat. Bawang merah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, untuk itu bawang merah sagat bagus dikembangkan di Kabupaten Padang Pariaman, terbukti dari hasil penanaman prajurit TNI bawang merah tumbuh dengan baik dan kualitas cukup bagus.

Sementara itu, kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman Yurisman mengaku sangat mengapresiasi pihak TNI yang mengembangkan penanaman bawang merah. Pihaknya mengaku cukup tertarik dan ingin bekerjasama dengan TNI dalam pengembangkan bawang merah di Padang Pariaman, meskipun saat ini andalan pertanian di Padang Pariaman adalah padi dan jagung, namun tidak tertutup kemungkinan bawang merah bisa dikembangkan. Selain itu, juga akan meminta seluruh kelompok tani di Padang Pariaman untuk belajar dengan prajurit TNI Kodim 0308 Pariaman terkait penanaman bawang merah sekaligus belajar tentang pembuatan pupuk organik ef mic 32.

Wartawan : ABDUL , ABDUL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat