Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pelayanan tidak ramah, Kantor Capil Pasbar di demo mahasiswa

Kontributor DaerahPemerintahan 01 September 2016 JAM 07:04:32 WIB

Meluapkan rasa kecewa kepada layanan pegawai Kantor Catatan Sipil Kabupaten Pasaman, puluhan mahasiswa dan pelajar dan mahasiswa yang berasal dari ikatan pelajar dan mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Pasaman Barat mendemo Kantor Catatan Sipil. Dalam orasinya mahasiswa menyampaikan sebagian besar pegawai Catatan Sipil tidak pernah ramah dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Raut muka yang masam dari pegawai sering kali diperlihatkan saat masyarakat mengurus administrasi kependudukan.

Selain itu pegawai juga sering memberikan persyaratan yang rumit dan berbelit-belit serta tidak memberikan keterangan pasti kapan selesainya pengurusan administrasi kependudukan. Hal tersebut secara otomatis sangat merugikan dan menyatiki hati masyarakat Pasaman Barat.

Koordinator aksi Devi Irawan mengatakan berdasarkan laporan masyarakat dan ivestigasi mahasiswa, pelayanan tidak ramah tersebut seolah menjadi budaya di Catatan Sipil. Bahkan kegitan nepotisme oknum pegawai dalam pengurusan administrasi kependudukan sering terjadi. Mahasiswa meminta Kadis CAPIL dan pengawai dapat memperbaiki hal tersebut.

Jika tidak massa mengancam akan melakukan aksi lebih besar lagi dan melaporakan hal tersebut kepada pejabat berwenang karena harapan pelayanan prima tidak ditemukan di CAPIL. Sementara itu Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Evita Murni berjanji akan mengevaluasi dari tuntuttan masa.

Ia berjanji akan memperbaiki kinerja pegawai, dan mengancam akan memecat pegawai mereka yang tidak ramah dan terbukti melakukan Nepotisme. kedepan Kadis Capil Pasaman Barat berjanji akan memangkas birokrasi yang tidak menyalahi Undang-Undang, penyebab utama terjadi keterlambatan pengurusan administrasi di CAPIL karena keterbatasan tenaga dan sarana. selain itu untuk  E-KTP CAPIL sangat bergantung kepada jaringan interent dan server. kedepan dia berjanji akan memperbaiki semua kinerja kariawan dan pegawai mereka.

Merasa kecewa dengan pelayanan dari karyawan dan pegawai Dinas Catatan  Sipil Kabupaten Pasaman Barat, puluhan mahasiswa dan pelajar mahasiswa mendatangi Kantor Catatan Sipil. Massa meminta petugas dan Kepala Dinas Catatan Sipil memperbaiki kinerja mereka.  Pasalnya saat ini pegawai  CAPIL selalu berkata kasar dan berbelit-belit saat melayani masyarakat.

Wartawan : Andika Adi Saputra
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat