Berita ❯ Kabupaten Pasaman Barat
Pelayanan tidak ramah, Kantor Capil Pasbar di demo mahasiswa
Kontributor Daerah • Pemerintahan 01 September 2016 JAM 07:04:32 WIB

Meluapkan rasa kecewa kepada layanan pegawai Kantor Catatan Sipil Kabupaten Pasaman, puluhan mahasiswa dan pelajar dan mahasiswa yang berasal dari ikatan pelajar dan mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Pasaman Barat mendemo Kantor Catatan Sipil. Dalam orasinya mahasiswa menyampaikan sebagian besar pegawai Catatan Sipil tidak pernah ramah dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Raut muka yang masam dari pegawai sering kali diperlihatkan saat masyarakat mengurus administrasi kependudukan.
Selain itu pegawai juga sering memberikan persyaratan yang rumit dan berbelit-belit serta tidak memberikan keterangan pasti kapan selesainya pengurusan administrasi kependudukan. Hal tersebut secara otomatis sangat merugikan dan menyatiki hati masyarakat Pasaman Barat.
Koordinator aksi Devi Irawan mengatakan berdasarkan laporan masyarakat dan ivestigasi mahasiswa, pelayanan tidak ramah tersebut seolah menjadi budaya di Catatan Sipil. Bahkan kegitan nepotisme oknum pegawai dalam pengurusan administrasi kependudukan sering terjadi. Mahasiswa meminta Kadis CAPIL dan pengawai dapat memperbaiki hal tersebut.
Jika tidak massa mengancam akan melakukan aksi lebih besar lagi dan melaporakan hal tersebut kepada pejabat berwenang karena harapan pelayanan prima tidak ditemukan di CAPIL. Sementara itu Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Evita Murni berjanji akan mengevaluasi dari tuntuttan masa.
Ia berjanji akan memperbaiki kinerja pegawai, dan mengancam akan memecat pegawai mereka yang tidak ramah dan terbukti melakukan Nepotisme. kedepan Kadis Capil Pasaman Barat berjanji akan memangkas birokrasi yang tidak menyalahi Undang-Undang, penyebab utama terjadi keterlambatan pengurusan administrasi di CAPIL karena keterbatasan tenaga dan sarana. selain itu untuk E-KTP CAPIL sangat bergantung kepada jaringan interent dan server. kedepan dia berjanji akan memperbaiki semua kinerja kariawan dan pegawai mereka.
Merasa kecewa dengan pelayanan dari karyawan dan pegawai Dinas Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, puluhan mahasiswa dan pelajar mahasiswa mendatangi Kantor Catatan Sipil. Massa meminta petugas dan Kepala Dinas Catatan Sipil memperbaiki kinerja mereka. Pasalnya saat ini pegawai CAPIL selalu berkata kasar dan berbelit-belit saat melayani masyarakat.
Wartawan : Andika Adi Saputra
Editor : PPID TVRI SUMBAR
❝❞ Komentar Anda
Berita Lainnya
Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Padang Berangkat dari BIM ke Madinah Hari Ini
03 Mei 2025 JAM 22:00:13 WIB

Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi Hari Ini, Kolom Abu 800 Meter di Atas Puncak
03 Mei 2025 JAM 21:58:02 WIB

H5 Pencarian, Tim SAR Temukan Potongan Tubuh Korban yang Diterkam Buaya di Pasaman Barat
02 Mei 2025 JAM 04:49:06 WIB