Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Air Danau Singkarak Meluap Rusak Pemukiman Dan Areal Pertanian

Kontributor DaerahBencana Alam 22 Februari 2020 JAM 06:05:28 WIB

Air Danau Singkarak meluap hingga menggenangi pemukiman warga dan kedai-kedai di destinasi Wisata Tanjung Mutiara, Tanah Datar.  2 hektar sawah yang siap panen juga mengalami kerusakan akibat terendam air danau.

Tingginya intesitas hujan yang mengguyur wilayah Selingkaran Danau Singkarak mengakibatkan meluapnya air Danau Singkarak. Dampak meluapnya air danau ini sangat dirasakan oleh warga setempat dan pedagang di destinasi Wisata Tanjung Mutiara di Kenagarian Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan.

Meluapnya air Danau Singkarak ini telah terjadi sejak beberapa waktu yang lalu. Kondisi air Danau Singkarak nyaris menyentuh pemukiman dan kedai-kedai pedagang di kawasan destinasi wisata itu.

Selain itu, air danau yang meluap juga  merusak areal pertanian warga di Jorong Mutiara, Kenagarian Batu Taba. Sekitar dua hektar sawah siap panen terendam air danau dan dipastikan gagal panen. Eriyanto, wali jorong setempat mengungkapkan jika areal sawah yang terendam banjir lebih kurang seluas dua hektar. Total kerugian akibat perstiwa tersebut ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

  

Wartawan : ERICK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat