Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Solok Selatan Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 31 Januari 2020 JAM 06:43:16 WIB

Guna menjadikan daerah yang siap dalam menghadapi bencana alam, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui BPBD, menggelar apel gabungan siaga bencana. Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan simulasi bencana alam dan penanganan korban bencana oleh tim kesehatan.

Kegiatan yang berpusat di ruang terbuka hijau Muara Labuh ini, bertidak sebagai inpektur apel Kapolres Solok Selatan dan diikuti oleh, TNI, Polri, BPBD, Satpol Pp, Dinas Perhubungan, Tenaga kesehatan, PMI, Tagana, dan Relawan. Sebagai daerah langganan bencana alam seperti, banjir, longsor dan banjir bandang, harus menjadikan masyarakat di Solok Selatan siap dalam menghadapi bencana alam, dengan memberikan peningkatan penyadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan mandiri dapat memperkecil jatuh korban dampak bencana.

Penguasaan, pengetahuan dan kesiapan diri dari bencana, yang dimiliki oleh diri sendiri untuk menyelamatkan dirinya dari potensi bencana alam sangat penting, agar disaat terjadinya bencana masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan personel dalam penanganan bencana  alam di Solok Selatan, artinya, personel ini dipersiapkan kapan saja, dan dimana saja terjadinya bencana siap untuk diterjunkan.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan simulasi kesiap siagakan bencana alam dan simulasi kesiapan dalam penanganan korban terdampak bencana alam, selain itu, BPBD juga memberikan bantuan bibit tanaman tropis sebanyak tujuh ribu lima ratus batang kepada desa tanggap bencana untuk melakukan reboisasi. Diharapakan, dengan digelarnya kegiatan ini dapat mempersiapkan masyarakat dan personel dalam menghadapi bencana alam dan meminimalisir dampak bencana alam di Solok Selatan.

 

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat