Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Kapal Nelayan Tenggelam, 18 ABK Selamat

Kontributor DaerahKelautan dan Perikanan 30 Januari 2020 JAM 06:20:51 WIB

Delapan belas orang anak buah kapal nelayan KM gasan, berhasil diselamatakan nelayan lainnya, setelah kapal yang mereka gunakan untuk mencari ikan karam di perairan  laut Sasak. Seluruh ABK mengaku mengapung dan berenang beberapa jam di laut, menunggu bantuan dari kapal nelayan lain yang melintas.

Kedatangan delapan belas orang anak buah kapal KM Gasan, di TPI Sasak, disambut haru keluarga yang sudah menunggu kedatangan mereka sejak pagi. sebelumnya kapal tersebut diinformasikan karam di perairan Sasak, setelah diterjang ombak Rabu dini hari. Berdasarkan pengakuan ABK, setelah kapal mereka karam, ABK berupaya menyelamatkan diri, dengan peralatan seadanya, dan sempat terkatung-katung di lautan sambil menunggu bantuan kapal nelayan lain yang berada di lokasi.

Awalnya, sebanyak enam belas ABK dievakuasi oleh KM Waspada, dan berhasil sampai ke darat sekitar pukul sembilan pagi. sementara dua ABK lainnya berhasil diselamatkan KM awak kapal KM Idola, dan berhasil dievakuasi ke daratan sekitar pukul sebelas siang. Kalatsa BPBD Pasaman Barat Edi Busti memastikan kondisi delapan belas ABK gasan tersebut selamat, meski beberapa diantaranya terlihat shok. informasi yang diperoleh di lapangan, tenggalamnya kapal tersebut akibat gelombang tinggi dan masuknya air laut kedalam kapal. Hingga Rabu siang, BPBD masih melakukan pemantauan dan himbauan kepada nelayan yang sedang beraktivitas di lautan, sementara itu,  hingga hari ini, bangkai kapal KM Gasan masih belum bisa di evakuasi,

Setelah berhasil dievakuasi ke daratan, dan memastikan kondisi kesehatan seluruh korban aman, BPBD dan Tim Gabungan mempersilahkan mereka kembali ke rumah masing-masing. BPBD meminta nelayan tetap waspada selama beraktivitas di laut, terutama saat cuaca ekstrim dan gelombang tinggi. Dari Kabupaten Pasaman Barat, demikian laporan, Andika Adi Saputra, TVRI Sumbar.

Wartawan : SOFIA YUNUS
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

MASYARAKAT SERBU BERAS MURAH

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

INTENSITAS ERUPSI MENINGKAT

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

POLISI MENANGKAP KAWANAN PENCURI MESIN BAJAK

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB