Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Waspadai Petir Dan Kilat

Kontributor DaerahIklim 25 Januari 2020 JAM 06:43:14 WIB

Dari pantauan cuaca yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sumatera Barat, diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat dan petir. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap perubahan cuaca yang terjadi secara signifikan.

Dari pantauan cuaca yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sumatera Barat, telah memperlihatkan adanya pola-pola angin timur, dan adanya pertumbuhan awan-awan di wilayah Selat Mentawai. Hal ini akan meningkatkan adanya peningkatan curah hujan selama dua sampai tiga hari ke depan, terutama untuk wilayah timur Sumatera Barat seperti Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Pasaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Padang Pariaman, dan Padang.

BMKG menyebutkan, hujan yang akan terjadi sisetiap wilayah tersebut akan berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh karekteristik daerahnya masing-masing. Sementara itu pihak BMKG dapat memprediksi untuk wilayah timur dan perbukitan Sumbar, hujan akan terjadi dari siang hingga malam hari dengan intensitas lebat. Sedangakan untuk daerah Pesisir Sumbar, peluang hujan diperkirakan akan terjadi pada sore hingga dini hari.

Selain hujan lebat, pihak BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap ancaman petir dan kilat selama dua hingga tiga hari kedepan. BMKG Sumbar menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumbar agar mewaspadai terjadinya perubahan cuaca secara signifikan,karena  meskipun cuaca cerah pada pagi hari belum menjadi jaminan cuaca akan membaik sampai sore hari.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat