Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

8 Titik Tanah Longsor Timbun Ruas Jalan

Kontributor DaerahBencana Alam 23 November 2019 JAM 06:10:55 WIB

Bencana tanah longsor timbun sejumlah ruas jalan dan dua unit rumah arga di Nagari Sikucur Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Akibatnya, jalan utama penghubung antar kecamatan itu, tidak bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.  Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman ini, terlihat berupaya mebersikan material tanah longsor yang menimbun sejumlah ruas jalan di Nagari Sikucur Barat, Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman ini.

Dengan alat seadanya, petugas berhasil menyikirkan material tanah longsor yang menimbun ruas jalan untuk sementara, sehingga jalan utama penghubung antar kecamatan yang  sebelumnya, jalan tersebut tidak bisa dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat sudah bisa dilewati. Tercatat ada delapan titik tanah longsor yang menimbun ruas jalan utama di Nagari Sikucur Barat ini.  Selain menimbun ruas jalan, tanah longsor juga menimbun diding belakang dua unit rumah warga di daerah tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa.  Untuk menghindari koran jiwa, sementara waktu warga diungsikan kerumah sanak famili mereka. Walinagari Sikucur Barat, Rafi’i menyebutkan , bencana tanah longsor terjadi, akibat tinginya curah hujan yang menguyur daerah itu sepanjang rabu malam, sehingga menyebabkan tanah dilereng perbukitan itu labil dan sehingga terjadi tanah longsor.

Selain tanah logsor, hujan deras yang menguyur daerah itu, juga menyebabkan terjadinya banjir badang melanda kampung dalam, dimana puluhan rumah warga terendam dan belasan hektar lahan persahawan rusak. Masyarakat dihimbau untuk selalau meningkatkan kewaspadaan, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu, terutama warga yang tingal di lereng perbukitan dan pinggiran sungai. karena bencana bisa saja terjadi kapan saja.

 

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat