Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Abrasi, Puluhan Pohon Cemara Tumbang

Kontributor DaerahBencana Alam 22 Oktober 2019 JAM 06:53:13 WIB

Abrasi melanda kawasan Objek Wisata Pantai Penyu, yang berada di Desa Mangguang, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Selain mengikis bibir pantai, abrasi juga menumbangkan puluhan pohon cemara yang sebelumnya tumbuh rimbun disepajang bibir pantai.

Beginilah kondisi abrasi yang tengah melanda kawasan Pantai Penyu, tepatnya berada di Desa Mangguang, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman saat ini. Terlihat abrasi sudah semakin parah, lebih dari 30 meter bibir pantai panyu ini sudah hanyut dibawa  abrasi, puluhan pohon cemara yang sebelumnya berdiri rimbun disepanjang bibir pantai juga tumbang masuk kelaut.

Menurut warga setempat, abrasi ini sudah kesekian kalinya terjadi. Bahkan abrasi kali ini merupakan ancaman terparah yang terjadi, karena sudah cukup panjang bibir pantai yang terkikis air laut. Jika tidak cepat diatasi abrasi akan semakin parah, karena tidak hanya menumbangkan pohon,  namun juga akan merusak bangunan  pedagang, yang berdiri disepanjang kawasan objek wisata andalan Kota Pariaman ini.

Sementara itu badan penanggulangan bencana daerah Kota Pariaman, menyebut, abrasi tersebut terjadi akibat tidak kondusifnya cuaca didaerah tersebut ahir-akhir ini, sehingga badai disertai obak besar yang terjadi terus menghantam bibir pantai. Kondisi tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak PU Kota Pariaman, untuk mengkaji kondisi itu untuk penanganan secepatnya. Karena jika tidak cepat diatasi, abrasi akan semakin parah, dan tentu akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan, karena pantai penyu merupakan salah satu objek andalan Kota Pariaman saat ini. Selain kawasan objek Wisata Pantai Penyu, barasi juga melada objek wisata pantai Kota Pariaman

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat