Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Hiu Paus Dikafani Nelayan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 22 Oktober 2019 JAM 06:46:44 WIB

Hiu Paus sepanjang 6 meter yang terdampar di Kenagarian Taluak, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan akhirnya dikuburkan dengan jarak sekitar 50 meter dari bibir  pantai. Uniknya, sebelum dikubur, hewan laut yang dilindungi ini terlebih dahulu dikafani oleh nelayan setempat.

Ratusan warga di sekitar kecamatan Batangkapas rela berpanas-panasan di tepian pantai Tan Sridano. Tampaknya mereka tak ingin ketinggalan, sebab peristiwa penguburan hiu sepanjang enam meter dengan berat kurang lebih satu ton tersebut terbilang langka. Hiu Paus yang telah mati terdampar sejak sabtu lalu dikubur dengan cara dikafani dibagian kepala dan badan. Begitulah cara masyarakat nelayan di Kenagarian Taluak, dalam rangka menghormati hewan raksasa tersebut.

Muhammad Rasyd, salah seorang nelayan setempat yang ikut serta mengafani hiu itu mengatakan, bahwa pengafanan ikan hiu dilakukan sebagai permintaan maaf masyarakat nelayan setempat, karna sebelumnya, secara tidak sengaja hiu raksasa tersebut terjerat pukat nelayan. Selain itu, Rasyd berharap, dengan adanya peristiwa itu, hasil tangkap nelayan ditempatnya tidak akan berkurang dikemudian hari.

Sementara, tim respon cepat Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Kota Padang menjelaskan, seringnya hiu terdampar di perairan laut Pesisir Selatan, diduga disebabkan oleh cuaca yang kurang baik. Sehingga dengan arus air yang kuat membuat ikan hiu terbawa ke perairan dangkal, ditempat nelayan sering menjaring ikan. Peristiwa hiu terdampar ini merupakan peristiwa kedua kalinya yang terjadi di sepanjang bulan oktober tahun 2019. Sebelumnya, jenis hiu yang sama juga ditemukan oleh masyarakat nelayan di perairan laut Teluk Betung Batangkapas pada 8 oktober lalu.

Wartawan : REDO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat