Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Partisipasi Masyarakat Membayar Pajak Meningkat

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 17 Oktober 2019 JAM 06:58:17 WIB

Sejak diberlakukan pemutihan denda pajak dan gratis biaya balik nama Non BA,  tingkat partisipasi masyarakat membayar pajak di Kantor SAMSAT Simpang Empat meningkat. Petugas mencatat peningkatan masyarakat yang membayar pajak mencapai 14 persen, jika dibandingkan hari biasanya.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam membayar pajak di Kantor SAMSAT Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat sejak September lalu mengalami peningkatan sekitar 14 persen. Peningkatan tersebut terjadi karena banyaknya masyarakat yang memanfaatkan program pemutihan denda pajak dan gratis biaya balik nama Non BA. Berdasarkan pantauan Petugas SAMSAT, saat ini jumlah masyarakat membayar pajak berkisar 130  orang, padahal di hari biasa tanpa ada program tersebut,  jumlah pembayar pajak kendaraan diperkiraan hanya berkisar 90 orang saja.

Petugas memprediksi jumlah pembayaran pajak memanfaatkan program pemutihan ini, akan meningkat hingga Desember nanti. karena banyak masyarakat yang ingin memanfaatkan program itu, terutama masyarakat yang memiliki kendaraan Non BA, dan akan dijadikan kendaraan Plat BA. Kepala UPTD SAMSAT Simpang Empat Wendri mengatakan, selain pelayanan kantor,  SAMSAT memiliki sebelas titik pelayanan keliling dan satu samsat nagari. Saat pelayanan petugas berupaya melakukan sosialisasi tentang program pemutihan kepada masyarakat.

Masyarakat terlihat sangat antusias dengan program pemutihan tersebut, hal itu ditunjukan dengan peningkatan jumlah kunjungan masyarakat yang datang dan membayar pajak. Sementara untuk program balik nama,  saat ini didominasi oleh kendaraan dari seri BM, dan Seri Pulau Jawa. SAMSAT Simpang Empat meminta masyarakat bisa kooperatif membayarkan pajak kendaraan mereka ke Kantor SAMSAT,  atau pusat pelayanan SAMSAT keliling yang rutin dilakukan di sejumlah titik.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat