Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pasaman Barat Waspada Cuaca Ekstrem

Kontributor DaerahBencana Alam 05 September 2019 JAM 06:54:16 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat, meminta masyarakat waspada cuaca ekstrem. Masyarakat yang bermukim atau beraktivitas di sekitar aliran sungai, harus memperhatikan kondisi volume air sungai, dan tebing di daerah rawan longsor. Sejak dua minggu terakhir, sebagian besar wilayah Kabupaten Pasaman barat, dilanda cuaca ekstrim dan hujan secara tidak menentu. Bahkan beberapa aliran sungai meluap seketika, hingga menelan korban jiwa, seperti yang terjadi di Kecamatan Ranah Batahan minggu lalu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat meminta, masyarakat yang bermukim atau beraktifitas di sekitar aliran sungai, harus ekstra hati-hati. Karena rusaknya ekosistim membuat kondisi alam sulit diprediksi. Kalatasa BPBD Pasaman Barat Tri Wahluyo mengatakan, Pasaman Barat rawan bencana banjir dan longsor, banyaknya aliran sungai dan aktifitas masyarakat, menjadi ancaman tersendiri saat ini. Bahkan beberapa kawasan permukiman saat ini juga terancam abrasi.

BPBD bersama, pemerintah nagari sudah, berupaya memberikan himbauan, agar meningkatkan kewaspadaan. Seperti di Kecamatan Talamau dan Gunung Tuleh sebagai daerah rawan longsor, dan daerah pantai yang rawan terjadi banjir rob dan abrasi.

Saat ini tercatat lima aliran sungai yang melalui sejumlah kecamatan rawan terjadi banjir. seperti sungai batang batahan, batang sikabau, batang pasaman, dan batang kenaikan, dan batang kapa. BPBD meminta masyarakat bisa mengevakuasi diri dan tanggap terhadap bencana, serta peka terhadap tanda-tanda alam. Khusus daerah rawan petugas sudah meminta pemerintah nagari, bisa memberikan peringatan kepada masyarakatnya.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat