Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Lahan Persawahan Kota Pariaman Diserang Hama Tikus

Kontributor DaerahPertanian 05 Agustus 2019 JAM 06:53:56 WIB

Hama tikus serang sejumlah lahan persawahan yang tersebar diempat kecamatan di Kota Pariaman. Serangan hama kali ini, cukup parah dan para petani di daerah tersebut terancam gagal panen.                                                    

Serangan hama tikus kembali mengancam lahan persawahan di Kota Pariaman. Bahkan serangan hama tikus kali ini hampir menyebar diseluruh kecamatan di Kota Pariaman. Seperti di Kecamaan Pariaman tengah Kota Pariaman ini, serangan hama tikus sudah cukup parah, sehingga dipastikan para petani akan gagal panen. Para petani berharap pemerintah setempat mencarikan solusi terkait penanganan hama tikus yang hampir setiap musim menyerang sawah mereka.

Sementara itu mulyadi, Kabid Pertanian dari Dinas Pertanian, pangan dan perikanan Kota Pariaman menyebut bahwa  serangan hama tikus kali ini merupakan siklus empat tahunan datangnya hama tikus. Menurutnya hampir diempat kecamatan di Koat Pariaman lahan persawahan milik petani yang diserang hama tius, namun belum terlalu parah. Untuk mengatasinya, Dinas Pertanian Kota Pariaman sudah melakukan tindakan, seperti sanitasi lingkungan dengan melibatkan seluruh petani bergotong royong membersihkan semak-semak yang berada dekat dari persawahan,  pengumpanan atau meracun yang dilakukan secara serentak oleh petani dimana ada sekitar 1.500 titik racun dipasang dilokasi persawahan.

Langkah tersebut akan maksimal jika dilakukan secara serentak, jika tidak serentak, hama tikus akan berpindah kelahan persawahan lainya. Saat ini dinas pertanian Kota Pariaman menyebut bahwa serangan hama tikus sudah mencapai 0,01 persen. Selain itu, untuk megurangi ancaman hama tikus, Dinas Pertanian Kota Pariaman mengajak masyarakat untuk melakukan tanam serentak dan menggunakan beni padi yang disarankan dinas pertanian.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat