Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Pengelolaan Sampah Menjadi Pupuk

Kontributor DaerahLingkungan hidup 31 Juli 2019 JAM 06:12:10 WIB

Tingkatkan hasil pertanian masyarakat, Pemerintah Pulai Anak Air dan Karang Taruna, Mandiangin  Koto Selayan, Bukittinggi, manfaatkan sampah pasar untuk  dikelola menjadi pupuk.

Pengelolaan sampah ini berhasil mengurangi sampah didaerah tersebut. Maraknya pembuang sampah di sejumlah titik dikelurahan  Pulai Anak Air,  pemerintah setempat dan warga menglola sampah menjadi pupuk. Pengelolaan sampah menjadi pupuk ini, sudah berlangsung satu tahun, bahkan petani di Kelurahan Pulai Anak Air,  terbantu dengan adanya pupuk kompos ini.

Pupuk kompos, dari sampah plastik ini dikelola secara bersama oleh warga, bahkan usaha tersebut  berhasil meningkatkan hasil pertanian dan mengurangi sampah di daerah tersebut. Hingga saat ini, Pemerintah Pulai Anak Air dan warga terus meningkatkan pengelolaan sampah, bahkan sampah  di Pasar Bawah Bukittinggi, dibeli oleh warga Pulai Anak Air ini, untuk dijadikan pupuk.

Lurah Pulai Anak Air, Hendra Anthony Hatta mengatakan pengelolaan kompos ini bertujuan meningkatkan hasil perekonomian masyarakat. Selain memberikan kesuburan pada tanaman, pupuk dari bahan sampah ini juga meningkatkan hasil perekonomian, bahkan pupuk yang dihasilkan warga Pulai Anak Air banyak diminati oleh petani dikelurahan yang ada di Bukittinggi.

 

 

 

 

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat