Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Sampah Pantai Untuk Ekobrik

Kontributor DaerahLingkungan 29 Juli 2019 JAM 06:04:03 WIB

Sejumlah masyarakat bersama anak-anak memanfaatkan sampah rumah tangga dan sampah di pinggir laut, untuk membuat ekobrik. Upaya ini diharapkan bisa mencegah kerusakan lingkungan, dan membersikan sampah plastik, serta memberikan dampak positif bagi kehidupan, dan ekonomi masyarakat. Usaha sejumlah pemuda dan masyarakat, di Jorong Padang Jaya Dan Maligi, untuk mengurangi resiko negatif sampah platisk patut diapresiasi. Masyarakat dan pejalar, memanfaatkan sampah plastik dan botol minuman, untuk membuat ekobrik, agar memiliki nilai lebih. Pembuatan ekobrik ini, merupakan tindak lanjut dari informasi dinas lingkungan hidup Pasaman Barat, dan dimotori oleh pemuda dan masyarakat setempat, untuk mencegah pencemaran lingkungan dari plastik, terutama di kawasan permukiman dan pantai.

Menyikapi hal itu, pelajar dan masyarakat setempat mengumpulkan sampah plastik dan botol, untuk jadikan ekobrik. Bahkan sejumlah pelajar, dan anak-anak sangat termotivasi, karena setiap sepuluh botol ekobrik, akan diberikan hadiah satu botol minuman. sPemuda setempat Edi Candra mengaku, kegiatan peduli lingkungan dan pengolahan sampah ini, mendapat respon positif dari masyarakat. Sehingga pemuda bersama pemerintah kenagarian, berupaya mendorong agar kegiatan serupa terus berjalan, dan bisa menyelamatkan lingkungan.

Selain sampah rumah tangga, maligi juga seringkali didapati sampah dari laut, sehingga butuh cara efektif untuk mencegah kerusakan, dan mengedukasi masyarakat dampak dari kerusakan itu. Masyarakat berharap, kegiatan penanggulangan sampah ini plastik ini, bisa berlanjut. Selain dalam bentuk ekobrik, masyarakat juga meminta ada lokasi pengolahan sampah, sehingga sampah tidak lagi dibuang masyarakat ke laut atau sungai, yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

 

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat