Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Layanan BMKG Pada Transportasi Udara di Bandara Internasional Minangkabau

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 08 Juli 2019 JAM 06:50:13 WIB

Selain sektor kebencanaan ada sektor lain yang membutuhkan peran dari BMKG, salah satunya sektor transportasi. Di Sumatera Barat, peran BMKG di sektor transportasi ini terlihat di stasiun Meteorologi penerbangan Bandara Internasional Minangkabau.

BMKG memilik unit kerja ditiap daerah terutama Sumatera Barat, salah satunya Stasiun Meteorologi penerbangan Bandara Internasional Minangkabau. Stasiun Meteorologi ini memiliki fungsi sebagai penyedia data take off dan landing pesawat, terutama keselamatan transperotasi udara. Data-data  ini nantinya berfungsi untuk pilot dan air trafik control yang digunakan dalam take off dan landing. Untuk pengambilan data tersebut, BMKG Stasiun Meteorologi penerbangan Bandara Internasional Minangkabau memiliki peralatan-peralatan khusus, seperti pengukur suhu udara, tekanan udara, dan pengukur arah dan kecepatan angin.

Peralatan-peralatan seperti termometer, barometer dan pengukur kecepatan dan arah angin ini sangat dibutuhkan dalam transportasi penerbangan saat take off dan landing. Untuk itu juga ada peralatan memantau tinggi rendahnya awan celometer, visibiliti mengukur jarak penglihatan mendatar yang sangat vital untuk landing pesawat terbang.

Peranan lain dari Stasiun Meteorologi penerbangan Bandara Internasional Minangkabau yaitu data klaim asuransi, klaim asuransi membutuhkan data-data cuaca. Selain itu dari taman alat ini data-data akan diproses lagi dan dilaporkan kedalam air trafic control  yang di laporkan kepada pilot. Selain untuk informasi data penerbangan, info BMKG juga diberlakukan untuk kajian dan penelitian.

Wartawan : SHERLY Z/ ATFRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat