Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Dua Puluh Satu Kasus Demam Berdarah Dengue di Pariaman

Kontributor DaerahKesehatan 23 Juni 2019 JAM 06:21:21 WIB

Puskesmas Pariaman mencatat sedikitnya  terdapat 21 kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD yang terjadi di Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman sepanjang Januari  hingga  Juni 2019. Dari jumlah tersebut, hingga kini pihak kesehatan tidak menemukan adanya korban meninggal dunia.

Dari Januari hingga pertengahan Juni 2019 ini, Puskesmas Pauh Pariaman Tengah, Kota Pariaman, telah mencatat sedikitnya ada 21 kasus Deman Berdara  Dengue yang menyerang warga. Dari jumlah itu, seluruh korban bisa ditangani dengan baik, sehingga tidak ada penderita DBD yang sampai meninggal dunia. bahkan satu pasien yang kini tengah dirawat dirumah sakit setempat yang terindikasi positif DBD kondisinya kini sudah membaik.

Menurut petugas, kasus Deman Berdarah Dengue cukup tinggi terjadi di Kecamatan Pariaman Tengah, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. dimana rata-rata penderitanya bervariasi, ada orang dewasa dan juga anak-anak. Marak kasus DBD terjadi, seiring datangnya musim penghujan melanda Kota Pariaman, dimana nyamuk dengan cepat berkembang. sehingga untuk mengantisipasi kasus tersebut, petugas harus melakukan pencegahan dengan pengasapan atau Fogging ke rumah-rumah warga, gorong-gorong dan semak-semak yang berada dekat dari rumah penduduk.

Selain itu, tingginya kasus DBD Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman tersebut juga akibat masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan seperti 3M, menguras, mengubur dan menutup. karena menurut petugas tindakan pengasapan atau Fogging sebenarnya sudah langka kedua dalam menekan perkembangan Nyamuk Aedes Aegypti, karena yang terpeting adalah bagaimana masyarakat bisa menjaga lingkungan agar tetap bersih. Petugas kesehatan dari Puskesmas Pariaman Tengah  akan terus melakukan himbauan kedesa-desa dan kelurahaan yang ada, untuk mengajak masyarakatnya dalam menjaga dan membersihkan lingkungan tempat tinggal masing-masing. terutama selokan-selokan dan gorong-gorong dilingkungan rumah yang menjadi tepat bersarangnya nyamuk, dengan demikian, kasus Demam Berdarah akan bisa teratasi.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

MASYARAKAT SERBU BERAS MURAH

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

INTENSITAS ERUPSI MENINGKAT

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

POLISI MENANGKAP KAWANAN PENCURI MESIN BAJAK

23 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB