Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Penanganan Abrasi Pantai Air Manis

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 19 Juni 2019 JAM 06:55:21 WIB

Abrasi Pantai Air Manis yang terjadi beberapa hari lalu harus mendapatkan penanganan secepatnya dari pemerintah. Untuk itu kini Balai wilayah Sungai Sumatera V Kementrian PU sudah melakukan tinjauan dan investigasi penanganan abrasi Pantai Air Manis.

Abrasi pantai yang terjadi beberapa hari lalu menyebabkan sejumlah rumah yang berada disepanjang bibir pantai terkena dampak abrasi tersebut. Puncak terjadinya abrasi terjadi pada hari Senin pukul 06.30 WIB  yang membuat rumah warga dimasuki air laut.

Diakui PPK Sungai Pantai II BWSS V, Nuriman, abrasi dan erosi di Pantai Air Manis ini juga pernah mencapai puncaknya pada tahun 2005, yang mengakibatkan rumah masyarakat terbawa arus pantai. Untuk itu dalam hal ini penanganan Pantai Air Manis sudah dicanangkan sebelumnya dalam rencana strategi –renstra- tahun 2019, 2024.

BWSS V telah melakukan investigasi. Dari hasil investigasi ditemukan sejumlah faktor yang menyebabkan abrasi diantaranya saat ini terjadinya perubahan iklim, sehingga menyebabkan perubahan garis pantai, nantinya study terhadap penanganan ini  akan dilanjutkan berupa pembuatan groind atau jenis kontruksi lain yang dapat menghalangi abrasi sampai kerumah warga , jika diperlukan dalam waktu dekat, BWSS V akan memasang Karung Pasir di sepanjang bibir pantai agar dampak abrasi dapat diminimalisir sampai ke rumah warga.

Wartawan : DELIMA/ AGUSRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat