Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Waspada Longsor Jalan Lembah Anai

Kontributor DaerahBencana Alam 18 Juni 2019 JAM 06:13:33 WIB

Jalan Padang-Bukittinggi sejauh 8 kilometer rawan terjadi longsor. Sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati ketika melewati jalan tersebut. Hingga saat ini pihak balai jalan terus berupaya melakukan tindakan agar longsor tidak kembali terjadi.

Ada beberapa daerah di Sumatra Barat yang merupakan daerah rawan longsor. Salah satu titik longsor jalur Padang-Bukittinggi adalah di kawasan Lembah Anai dengan panjang 8 kilometer, yakni dari kawasan Lembah Anai hingga memasuki Kota Padang Panjang. Jalan sepanjang 8 kilo meter yang rawan longsor ini salah satu nya adalah di daerah Selayiang Bawah, yakni lokasi tempat terjadi longsor pada jumat malam 14 Juni 2018.

2 hari sebelum Lebaran Idul Fitri kemarin longsor juga terjadi di lokasi yang sama, dan telah ditangani oleh balai jalan dan juga pihak BPBD. Namun karena cuaca yang sering hujan pada saat ini, kondisi tanah di daerah tersebut masih labil. Untuk selanjutnya akan dilakukan tindakan-tindakan yang bersifat penanganan. Seperti pembersihan dan vegetasi di daerah tersebut. Karena di atas tebing masih terdapat bebatuan.

PPK Balai Jalan, Andi Mulia Rusli menghimbau pengendara untuk berhati-hati ketika melewati daerah ini.  dan untuk antisipasi jika terjadi longsor,1  alat berat di standby kan di lokasi yang rawan terjadi longsor. Andi juga berharap daerah ini tidak kembali terjadi longsor. dan pihaknya juga akan terus melakukan tindakan yang lebih alami. karena jika dilakukan tindakan pengarukan tebing akan semakin berbahaya dan kembali menimbulkan longsor.

Wartawan : MONA/ JONI SARTIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat