Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Pacu Biduak untuk Rayakan Syawal

Kontributor DaerahSeni Budaya 14 Juni 2019 JAM 06:57:37 WIB

Untuk memperingati bulan Syawal warga Muara Labuh Solok Selatan memiliki tradisi Syawalan yaitu Lomba Pacu Biduak, kegiatan ini merupakan tradisi rakyat dalam rangka memeriahkan bulan Syawal, atau tepatnya kegiatan setelah lebaran.

Untuk memperingati bulan Syawal warga Muara Labuh Solok Selatan memiliki tradisi Syawalan yaitu Lomba Pacu Biduak, Pacu Biduak dalam Bahasa Minang sama dengan balapan perahu, namun perahu yang digunakan para peserta lomba ini, merupakan perahu yang biasanya dipergunakan untuk mencari pasir.

Perlombaannya cukup sederhana, perahu yang digunakan untuk lomba ini dinaiki oleh empat orang, dan berpacu di aliran sungai dengan jarak sekitar 200 meter dari garis star hingga finish. Peserta yang sampai di finish terlebih dahulu, akan menjadi pemenangnya. Masyarakat yang menyaksikan perlombaan ini pun terlihat bersuka cita dan suasana riuh dengan gelak tawa.

Berbeda dengan perlombaan balapan perahu lainnya, pada lomba ini peralatan yang digunakan hanya sederhana dan tradisional. Lomba ini diikuti oleh tim dari pria maupun wanita dan anak-anak. Kegiatan rutin tahunan ini diharapkan bisa menjadi hiburan bagi warga, serta sebagai pemersatu dan memperkuat tali silaturahmi.

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat