Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Inflasi Kota Padang 0,86 Persen

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 12 Juni 2019 JAM 06:19:49 WIB

Laju inflasi di Kota Padang sepanjang bulan Mei 2019 ini  mencapai 0,86 persen. Badan pusat statistik Sumbar mencatat kenaikan harga beberapa  kebutuhan pokok salah satu penyumbang inflasi di Kota Padang.

Selama ramadhan tahun ini  beberapa harga kebutuhan pokok serta beberapa komoditas di Kota Padang mengalami kenaikan, begitu juga dengan transportasi udara. Beberapa komoditas  yang mengalami kenaikan harga selama bulan Mei  tahun ini adalah cabai merah  dan bawang putih. Hal ini mempengaruhi lajunya inflasi di beberapa Kota di Sumatera Barat. diantaranya Kota Padang dan Bukittinggi.

Menurut Kepala  Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Sumbar Teguh Sugiyarto bila  di bandingkan dengan 23 kota lainnya di Sumatera Inflasi  Kota Padang masih di level menengah yakni pada urutan ke 13, sementara  Kota Bukittinggi berada di urutan 15. Untuk inflasi tertinggi di Sumatera adalah Kota Pangkal Pinang 1,78 persen dan inflasi terendah adalah Tanjung Pandan 0,21 persen.

Bila dilihat dari kelompok komoditasnya penyumbang inflasi di Kota Padang dan Bukittinggi yang tertinggi adalah  bahan makanan, disusul transportasi dan  bahan sandang. Selain itu BPS juga mencatat sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga pada Mei tahun ini diantaranya beras, minyak goring,  kelapa, tomat, sayur,  serta bahan bangunan seperti batu bata , seng dan besi beton.      

Wartawan : NURUL QALBI/AGUSRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat