Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Muara Pantai Ulakan Putus

Kontributor DaerahBencana Alam 08 Mei 2019 JAM 06:16:58 WIB

Diduga kuatnya hantam air sungai dari arah hulu serta hantaman air pasang, menyebabkan muara Pantai Ulakan di Kabupaten Padang Pariaman putus. Putusnya muara Pantai Ulakan tersebut, menyebabkan sejumlah bangunan di lokasi itu rusak berat. Beginilah kondisi muara Pantai Ulakan, di Kabupaten Padang Pariaman yang putus  akibat dihantam air laut serta hantaman air sungai dari arah hulu. Terlihat, muara pantai ini yang sebelumnya membelok, kini menjadi lurus sehingga merusak sejumlah bangunan di pantai itu.                           

Bangunan yang rusak merupakan sebuah kantor dan MCK yang baru dibangun oleh pemerintah beberapa tahun terakhir, parahnya kerusakan bangunan itu tidak bisa digunakan lagi. Menurut warga setempat, putusnya muara Pantai Ulakan itu, terjadi sejak dilakukanya pemasangan batu krib dibeberapa titik dilokasi abrasi Ulakan, sehingga berimbas kepada muara pantai.

Seharusnya pemasangan batu krib dilakukan secara menyeluruh dan dimulai dari pangkal muara, sehingga tidak berdampak terhadap pantai lainya, termasuk muara tersebut. Jika tidak cepat diatasi, puluhan rumah warga dilokasi itu akan terancam, apalagi akhir-akhir ini kondisi cuaca tidak menentu. Air laut akan mengikis tebing hingga kepemukiman rumah warga. Selain itu, putusnya muara Pantai Ulakan ini, juga mengganggu nelayan setempat, karena pantai di muara itu tempat sandaran perahu mereka selama ini. Jika tetap disandarkan dilokasi itu nelayan takut, perahu-perahu mereka akan hanyut dibawa air laut.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat