Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Rekapitulasi Secara Paralel

Kontributor DaerahPolitik 23 April 2019 JAM 06:06:31 WIB

Guna mempercepat proses rekapitulasi suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan, KPU Pasaman Barat meminta petugas PPK, memberlakukan sistim rekapitulasi parallel. Rekapitulasi paralel dianggap lebih efektif, mengingat banyaknya jumlah TPS dan singkatnya waktu yang tersisa. Meski proses rekapitulasi suara, ditingkat panitia pemilihan Kecamatan, atau PPK sudah dimulai sejak tanggal sembilan belas April kemarin, namun hingga hari ketiga, atau minggu pagi, jumlah TPS yang berhasil direkap, sekitar mencapai tiga puluh persen, dari total seribu dua ratus enam TPS di Pasaman Barat.

Guna mencapai target, KPU Pasaman Barat mengiteruksi petugas PPK, melaksanakan rekaputulasi dengan sistim parallel. Sistim paralel itu, dianggap efektif, karena penghitungan bisa dilakukan secara serentak. Terutama di Kecamatan dengan jumlah TPS mencapai dua ratus TPS. Ketua KPU Pasaman Barat Alharis menjelaskan, kendala utama petugas dalam proses rekapitulasi, adalah jumlah TPS yang banyak di masing-masing PPK, dan jumlah surat suara yang akan direkam berjumlah lima kotak per TPSnya. Disisi lain, petugas PPK juga kesulitan mengumpulkan para saksi, peserta pemilu, sebelum memulai rekapitulasi. Bahkan saat proses rekapitulasi, petugas juga menemukan sejumlah kendala lain, seperti interuksi saksi, pengawas dan ketidak sesuai data.

Kpu berharap, semua petugas PPK, bisa bekerja dengan baik, dan menyelesaikan proses rekapitulasi hingga batas waktu yang ditentukan. Karena pasca rekapitulasi di PPK, petugas akan melanjutkan rekapitulasi di tingkat Kabupaten. Khusus untuk Kecamatan dengan jumlah TPS di bawah lima puluh TPS, mereka sudah berhasil melakukan rekapitulasi mencapai lima puluh persen. KPU meminta, semua pihak bisa mendukung proses rekapitulasi di tingkat PPK, dan menghormati proses yang ada. Sementara itu, untuk memberikan rasa aman kepada petugas, selama proses rekapitulasi, mereka dijaga oleh sejumlah Personil TNI dan Polri, dari Polres Pasaman Barat.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat