Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Jumlah Masyarakat Merekam KTP

Kontributor DaerahPemerintahan 31 Oktober 2018 JAM 06:20:37 WIB

Jumlah masyarakat yang melakukan perekaman dan pencetakan KTP elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat dan sejumlah kantor camat di Pasaman Barat mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah perekam berkisar lima persen dari biasanya. Biasanya dalam satu hari Disdukcapil Pasaman Barat melayani sekitar 60 orang masyarakat yang merekam E-KTP. Namun sekarang naik sekitar lima persen yakni berkisar 70 orang per harinya. Kondisi serupa juga terjadi saat petugas melakukan pelayanan keliling dan sejumlah kantor camat di Pasaman Barat.

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pasaman Barat Renita mengatakan meski peningkatan jumlah partisipasi masyarakat yang merekam dan mengurus KTP hanya berkisar lima persen namun jumlah itu dianggap sebuah kemajuan dalam pencapaian target pencetakan dan prekaman ktp elektronik. Peningkatan partisipasi itu juga dampak dari tingginya intensitas pelayanan jemput bola dan banyaknya pengumumman dan selembaran tentang ajakan pengrusan KTP yang disebar ke seluruh nagari hingga ke tingkat kejorongan di Pasaman Barat. Di sisi lain masuknya masa kampanye diduga sebagai salah satu faktor meningkatnya partisipasi masyarakat melakukan perekaman KTP elektronik.

Saat ini Disdukcapil Pasaman Barat juga melakukan pelayanan jemput bola ke daerah terpinggir di setiap jorong serta melakukan kerjasama dengan sejumlah sekolah untuk melakukan perekaman KTP bagi siswa yang sudah memenuhi syarat umur. Selain masalah partisipasi masyarakat, Disdukcapil Pasaman Barat juga khawatir dengan ketersedian blanko KTP elektronik sebab jumlah blanko yang diperoleh dari pusat sangat terbatas sehingga stok yang tersedia hanya mampu mencetak sekitar 15 di hari kerja masyarakat mengurus KTP. Petugas berharap ke depan pendistribusian blanko bisa lancar seiring dengan tingginya partispasi masyarakat dan dekatnya waktu pesta demokrasi tahun 2019 mendatang.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat