Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

MASJID TERTUA DI KOTA BUKITINGGI MASIH TERAWAT BAIK

TVRI Sumatera BaratKeagamaan 17 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

Salah satu cagar budaya asal kota Bukittinggi berada di perbatasan dengan kabupaten Agam, Kenagarian Taluak Ampek Suku , masjid Jamiak Taluak yang kini sudah berumur 164 tahun masih banyak didatangi jamaah , selain untuk beribadah , jamaah juga di suguhi pemandangan alam kolam ikan yang cukup luas, yang cocok untuk tempat bersantai.

 

Masjid Taluak dibangun sejak tahun 1860 oleh haji Abdul Majid , dengan arstitektur keseluruhan ,di pengaruhi dengan corak Minangkabau, atap dengan ijuk dan dinding dengan kayu.

 

Kini bangunan masjid mengalami sedikit pemugaran karena bangunan yang rusak akibat gempa tahun 2007, namun tidak merubah bentuk asli dari masjid Taluak, dan sampai saat ini masih terawat dengan baik.

 

Dasril Yursi imam masjid Jamiak Taluak mengatakan saat ini masjid Taluak sudah masuk cagar budaya Sumatera Barat, namun masjid masih di fungsikan untuk keperluan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

 

Selain itu masjid Jamiak Taluak juga pernah di jadikan tempat untuk syuting pembuatan film, dan menjadi destinasi wisata sejarah bagi sejarawan yang datang ke masjid taluak.

Wartawan : JEFRI WAHYUDI
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat