Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Operasi Keselamatan Singgalang 2024 Sasar 7 Pelanggaran Prioritas

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 02 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

SUMBAR – Dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), Polda Sumbar akan menggelar Operasi Keselamatan Singgalang 2024 selama 14 hari, mulai 4 Maret 2024 hingga 17 Maret 2024.

 

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Nur Setiawan mengatakan, pada operasi ini ada tujuh sasaran prioritas pelanggaran yang penindakannya akan dilakukan secara tilang maupun teguran.

 

"Untuk penindakan tilang bisa melalui ETLE dan apabila tertangkap tangan bisa dilakukan dengan tilang konvensional," kata Dirlantas usai mengikuti apel di Polda Sumbar, Sabtu, 2 Maret 2024.

 

Ia menjelaskan, tujuh sasaran prioritas tersebut antara lain pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan telpon seluler saat berkendara, pengemudi kendaraan bermotor yang masih dibawah umur dan berboncengan lebih dari satu orang.

 

Selanjutnya, pengemudi yang tidak menggunakan helm, penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, melawan arus (contra flow) dan tidak menggunakan sabuk pengaman, mengemudikan ranmor ugal-ugalan serta pelanggaran over dimension dan over load.

 

Dikatakan Dirlantas, Operasi ini dilaksanakan menjelang kegiatan Operasi Ketupat yang pelaksanannya tidak lama sebelum hari Raya Idul Fitri dengan menurunkan ribuan personel.

 

"Kita berharap menjelang Operasi Ketupat nanti kita bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas serta menekan kejadian kecelakaan lalu lintas, mengingat di wilayah kita masih banyak pelanggaran-pelanggaran lalu lintas karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap aturan berlalu lintas," katanya usai pelaksanaan Apel di Polda Sumbar, Jumat, 1 Maret 2024.

 

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya nanti, pihak kepolisian akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif oleh fungsi lalu lintas dengan didukung fungsi operasional kepolisian lainnya yang dilaksanakan secara simpatik.

 

"Sesuai amanat Kapolda, beliau berharap satgas operasi keselamatan singgalang 2024 mampu mempersiapkan langah-langkah antisipasi baik secara teknis maupun taktis agar potensi pelanggaran, kepadatan arus dan kecelakaan yang terjadi dapat diminimalisir serta tidak menimbulkan gangguan yang dapat berpengaruh kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," tambahnya.

Wartawan : Tio Furqan Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat