Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sumbar Menjadi Wilayah Pendampingan Pengawasan KPK

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 09 Februari 2017 JAM 14:29:25 WIB

Provinsi Sumatera Barat ssat ini telah menjadi wiayah pendampingan dan pengawasan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Hal ini merupakan bentuk penerapan Program Pencegahan Korupsi terintegrasi Pemerintah Sumatera Barat tahun 2017. Mulai saat ini KPK akan melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap Provinsi Sumatera Barat.

Hal ini merupakan tindak lanjut Mou antara KPK dengan Pemerintah Surabaya dan Sumatera Barat beberapa waktu lalu terkait rencana membangun sistem aplikasi e-planning. Pengembangan sistem e-planning rangkaian dari e-government ini sebagai persiapan rencana aksi yang akan segera dilaksanakan mengenai program Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Sumatera Barat tahun 2017.

Sejumlah indikator yang perlu dilakukan dalam program pencegahan korupsi yakni kedepan perencanaan kegiatan pemerintah provinsi dalam melakukan pembenahan proses perencanaan kegiatan harus secara transparan, akuntabel dan terintegrasi melalui implementasi aplikasi perencanaan kegiatan berbasis elektronik atau e-planning penganggaran keuangan. Proses ini harus dimulai sejak perencanaan, penganggaran, penatausahaan anggaran keuangan melalui implementasi aplikasi penganggaran keuangan berbasis elektronik, pengadaan barang dan jasa.

Diakui Kepala Satuan Petugas Koordinasi Supervisi Dan Pencegahan Atau Korsupgah KPK, Adlinsyah Nasution program ini sudah berjalan tetapi selama ini belum dilaksanakan secara efektif. Dengan mulainya Sumbar menjadi wilayah pendampingan dan pengawasan KPK nantinya tidak ada lagi istilah rencana atau program kerja yang naik ditengah jalan. Untuk itu Tim Satgas Korsupgah Kpk kedepan akan sering mendatangi Sumatera Barat guna memeriksa semua tahapan yang telah disepakati. Selain Sumatera Barat Tim Satgas Korsupgah KPK ini juga sudah melakukan pendampingan dan pengawasan di  Sumatera Utara, Bengkulu, Papua Barat, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Wartawan : NOVIKA / JONI SARTIKA
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat