Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

GANDUM MAHAL, HARGA TEPUNG TERIGU NAIK BERTAHAP

TVRI Sumatera BaratEkonomi 12 Maret 2022 JAM 06:37:10 WIB

Harga tepung terigu naik bertahap sejak 2 bulan terakhir di sejumlah pasar tradisonal di Kota Padang, kenaikan terigu ini diduga imbas adanya invasi Rusia ke Ukraina. Hal ini karena pedagang mengaku faktor kenaikan terigu dikarenakan harga bahan baku gandum yang juga mengalami kenaikan.

Pasalnya Ukraina menjadi salah satu negara pengimpor gandum yang digunakan menjadi bahan pokok tepung terigu di Indonesia. Jika sebelumnya pedagang membeli terigu kepada distributor seharga 180 ribu rupiah per karung. Saat ini harga beli naik menjadi 250 ribu rupiah perkarung, kenaikan harga terjadi pada semua jenis dan merk terigu.

Tingginya harga beli terigu juga mempengaruhi harga jual ke masyarakat. Biasanya satu kilogram terigu dijual 12 ribu, saat ini naik menjadi 15 ribu rupiah perkilogram. Meski kenaikan saat ini belum dirasakan signifikan oleh masyarakat, namun pedagang mengaku biasanya pembelian terigu ramai menjelang lebaran idul fitri, karna banyak masyarakat membutuhkan terigu sebagai bahan utama pembuatan kue kering.

Wartawan : DELIMA/ JONI SARTIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat