Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

DISERANG HAMA, PETANI BONGKAR TANAMAN CABE

Kontributor DaerahEkonomi 21 Juni 2021 JAM 06:56:53 WIB

Selain mengeluhkan mahalnya harga pestisida, petani cabe di Kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur juga mengeluhkan hama penyakit yang menyebabkan panen tidak maksimal. Mengantisipasi dampak yang lebih besar, petani memilih membongkar tanaman yang buahnya telah membusuk. Mengantisipasi dampak kerugian yang lebih besar akibat diserang hama penyakit, petani cabe di kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur memilih untuk membongkar tanaman cabe yang telah beberapa kali panen itu.

Meski sempat memanen cabe tersebut, petani megaku hasilnya tidak maksimal dan tidak sesuai yang diharapkan. Sebab buah cabe yang merah, sebagiannya membusuk. kondisi tersebut terjadi di hampir seluruh batang tanaman cabe. Hal tersebut diungkapkan petani cabe bernama Yendri. Menurutnya kondisi tersebut telah terjadi beberapa bulan terakhir. Selain dialami petani di sekitar kebunnya, hal tersebut juga dialami sebagian besar petani cabe di kecamatan lainnya. Sehingga menbongkar tanaman cabe adalah pilihan terbaik agar tidak terus mengalami kerugian.

Sebab jika harus terus melakukan perbaikan dengan cara penyemprotan racun anti hama, dikhawatirkan hasilnya tidak akan maksimal. Dengan kondisi hasil panen seperti itu, petani menyebut nyaris tidak ada keuntungan yang diperoleh para petani, mengingat biaya produksi lebih mahal dari pada panen yang dihasilkan. Petani yang rutin bercocok tanam cabe merah sejak tahun 2014 itu berharap kedepan kondisi lebih baik kedepannya, dan tanaman bisa bebas dari serangan hama ulat.

Wartawan : EDWARD
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat