Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

MASYARAKAT DIMINTA WASPADA KEBAKARAN LAHAN

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 19 Februari 2021 JAM 06:14:08 WIB

Memasuki musim kemarau dan panas, masyarakat dan perusahaan di Kabupaten Pasaman Barat diminta waspada kebakaran lahan dan hutan.

Selain sosialisasi, BPBD Pasaman Barat juga menyiagakan alat pencegahan dan penangangan kebakaran lahan berupa pompa dan sejumlah alat lainnya.

Luasnya lahan gambut, dan area perkebunan kelapa sawit milik perusahaan dan masyarakat, membuat Kabupaten Pasaman Barat rawan terjadi kebakaran lahan memasuki musim panas.

Kebakaran lahan dan hutan, saat ini menjadi ancaman bencana tersendiri di Pasaman Barat, sebab hampir seluruh kecamatan di daerah itu memilih lahan gambut dan hutan yang sudah diolah oleh masyarakat atau perusahaan, sehingga bisa memicu terjadi kebakaran.

Meski hingga hari ini belum ada laporan kebakarana lahan, BPBD Pasaman Barat intensifkan komunikasi dengan Dinas lingkungan hidup, kehutanan, perusahaan dan masyarakat dalam rangka pencegahan, serta menyiagakan sejumlah sarana penunjang pencegahan berupa pompa dan alat pemadam api.

Kalatsa BPBD Pasaman Barat Edi Busti menghimbau semua unsur bisa menjaga daerah masing-masing. Selain merusak tanaman, kebakaran lahan atau hutan, dikhwatirkan akan mengganggu ekosistim dan kesehatan bersama.

Edi Busti meminta, Wali Nagari dan Jorong di daerah masing-masing ikut mengedukasi masyarakat untuk pencegahan kebakaran dan meminta masayrakat tidak membuka lahan dalam kondisi panas saat ini, terutama pembakaran lahan secara sembarangan.

Wartawan : SHERLY ZULKARNAEN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat