Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Kelompok Pemuda Kapa Bentuk Bank Sampah

Kontributor DaerahLingkungan 02 Maret 2020 JAM 06:04:51 WIB

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan mengajak masyarakat peduli sesama, sekelompok pemuda di Durian Tuga, Nagari Kapa, Kabupaten Pasaman Barat membuat Bank sampah. Di bank sampah ini  nasabah bisa menabung sampah dan mendapatkan uang setelah memenuhi batas tertentu.

Sejak awal tahun kemarin, sekelompok pemuda di Durian Tuga Nagari Kapa, Kabupaten Pasaman Barat, mendirikan bank sampah sederhana. Pendirian bank sampah itu sebagai upaya menyelematkan lingkungan dan meningkatkan perekonomian serta jiwa sosial di tengah masyarakat. Hingga hari ini, bank sampah yang digerakan sekitar enam orang itu sudah memiliki sekitar tujuh puluh lima orang nasabah, yang tersebar di tiga kecamatan. Setiap nasabahnya sudah dilengkapi dengan buku tabungan sederhana.

Di bank sampah itu tabungan nasabah dibagi dalam tiga jenis, pertama tabungan pelajar yang dimiliki oleh siswa, tabungan kurban yang diperuntukan untuk pelaksanaan qurban dan tabungan sejahtera untuk masyarakat umum yang ikut menabung sampah. Pengelola bank sampah Iwen mengaku, kehadiran bank sampah ini sebagai upaya pencegahan kerusakan lingkungan dan pemanfaatan sampah yang masih bisa di daur ulang. Setelah terkumpul nantinya sampah itu akan dijual, atau bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat.

Guna mengakomidir transportasi, pengelola bank sampah masih menggunakan becak motor sederhana, dengan daya angkut terbatas. Mereka berharap mendapatkan bantuan dari pemerintah agar pergerakan bank sampah bisa lebih optimal. Sejak didirikan, tingkat partisipasi masyarakat mulai meningkat. Bahkan beberapa  nasabah rela datang mengantarkan sampah merek ke posko atau gudang bank sampah, serta dilakukan pemilahan oleh sejumlah pengelola dan relawan yang ada. Mereka berharap bank sampah ini bisa berkembang dan membantu masyrakat serta menyelematkan lingkungan.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat