Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Dharmasraya

BPBD Sumbar Salurkan Bantuan Untuk Dhamasraya

Kontributor DaerahLingkungan 24 Januari 2020 JAM 06:46:43 WIB

Pasca diterjang banjir, BPBD Sumbar bekerjasama dengan Dinas Pangan Sumbar untuk memberikan bantuan logistik. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Pasca diterjang banjir beberapa hari lalu, dua kabupaten di Sumatera Barat yaitu Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dhamasraya saat ini mulai melakukan pendataan terhadap kerugian yang diakibatkan oleh banjir tersebut.

Banjir di kedua kabupaten ini terjadi karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur dua daerah tersebut selama beberapa jam yang mengakibatkan air sungai meluap dan menggenangi permukiman masyarakat. Untuk Kabupaten Sijunjung, ada beberapa titik parah yang terdampak banjir yaitu daerah Tanjung Gadang, Tanjung Lolo, dan Timbalun. Untuk saat ini masyarakat didaerah tersebut telah kembali ke rumah masing-masing dan membersihkan sisa-sisa material banjir, dan bantuan logistik dari beberapa pihak telah didatangkan untuk korban yang terdampak banjir.

Selain banjir, di Kabupaten Sijunjung juga terjadi longsor yang menghambat akses jalan masyarakat, tetapi kondisi ini dapat diatasi dengan cepat oleh BPBD sehingga setelah tiga jam pembersihan material longsor, jalan tersebut dapat dilalui kembali. Sedangkan untuk Kabupaten Dhamasraya terdapat beberapa titik banjir, seperti di Desa Surau yang terdampak paling parah akibat banjir dan mengakibatkan beberapa masyarakat harus dievakuasi dari daerah tersebut.

Pihak BPBD bekerjasama dengan berbagai BPBD Kabupaten Kota, seperti BPBD Sawahlunto, Solok dan Kabupaten Solok Selatan untuk memberikan bantuan terhadap masyarakat Kabupaten Dhamasraya yang terdampak banjir. Pihak BPBD Sumbar bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, hari ini akan mengrimkan bantuan logistik untuk korban banjir di Kabupaten Dhamasraya. BPBD Sumbar berharap dengan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir.

 

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI S
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat