Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Tradisi Bongkar Ikan Larangan Warga Sialahan

Kontributor DaerahSeni Budaya 01 Januari 2020 JAM 06:41:38 WIB

Akhir tahun 2019, warga Jorong Sialahan melakukan tradisi bongkar ikan larangan di sungai Mangkaweh.Tradisi bongkar ikan larangan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan cara memancing bersama warga setempat. 

Beginilah suasana tradisi lepas ikan larangan di Jorong Sialahan Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Tanah Datar. Melepas ikan larangan dilakukan dengan cara memancing oleh warga setempat, dan terkadang juga diikuti oleh warga diluar jorong dan  Nagari Batu Basa.

Tradisi lepas larangan biasanya dilakukan warga setempat satu kali dalam setahun dan bertempat di aliran Sungai mangkaweh yang memiliki aliran air sepanjang 3 kilometer. Tradisi ini telah dilakukan masyarakat Sialahan sejak tahun 2013 lalu. Seluruh hasil tangkapan nantinya akan diperuntukan bagi kebutuhan masyarakat, sarana prasarana ibadah dan kebutuhan lainnya.

Ikan larangan di aliran sungai Mangkaweh sangat dijaga oleh masyarakat Jorong Sialahan. bagi warga  atau orang lain yang nekad menangkap atau memancing di sungai tersebut dapat dikenakan denda adat oleh wara setempat.

Wartawan : ERIK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB