Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Mengenang 10 Tahun Gempa

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 02 Oktober 2019 JAM 06:53:34 WIB

Masyarakat dan Keluarga Korban Gempa 7,6 skala richter, yang terjadi pada 30 September 2009, Memperingati Detik-detik terjadi Bencana Gempa Bumi yang Meluluh Lantahkan Sumatera Barat 10 tahun lalu. Peringatan Detik-detik Gempa ini diharapkan bisa mengingatkan masyarakat terkait peristiwa memilukan yang pernah terjadi di Sumatera Barat. Mengenang 10 tahun peristiwa memilukan yang pernah terjadi di Sumatera Barat,  yakni Bencana Gempa berkekuatan 7,6 skala richter.

Pemerintah Kota Padang bersama Keluarga Korban Bencana Gempa Bumi 30 September 2009,  melakukan peringatan 10 tahun gempa di Monument Tugu Gempa,  Jalan Gereja,  Kecamatan Padang Barat,  Kota Padang. Peringatan 10 tahun gempa ini diharapkan bisa mengingatkan masyarakat terhadap peristiwa pilu yang terjadi pada 10 tahun lalu,  sehingga masyarakat tetap waspada dan bersiap untuk menghadapi bencana, Baik Gempa Bumi maupun Tsunami.

Wakil Walikota Padang Hendri Septa menjelaskan, ancaman gempa bumi merupakan ancaman yang nyata dan tidak boleh dianggap remeh, apalagi Kota Padang termasuk salah satu daerah yang rawan terjadi bencana, baik gempa bumi mapun bencana alam lainnya. Untuk itu, masyarakat harus dilatih untuk tangguh dan kuat menghdapi segala bencana yang mengancam, sehingga bisa menyelamatkan diri secara mandiri,  ketika terjadi bencana. Hendri Septa menambahkan, hampir setengah masyarakat Kota Padang tinggal di Daerah Zona Merah atau berada di Bibir Pantai.

Pada Rabu 30 september 2009  lalu,  tepatnya pukul 17.16 WIB warga Sumatera Barat dikejutkan dengan Guncangan Gempa Dahsyat dengan kekuatan 7,6 skala richter. Selain menyebabkan kerusakan parah, Gempa Dahsyat yang terjadi pada 10 tahun lalu juga menelan ribuan korban jiwa.

Wartawan : TUA SAMAN S
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat